Tips Cara Melatih Otak Agar Punya Daya Ingat Tajam

Berkut Adalah Tips Cara Melatih Otak Agar Punya Daya Ingat Tajam - Kemampuan otak dalam menyimpan memori memang telah terbentuk sejak dilahirkan, tetapi bukan berarti Anda tidak dapat mengubahnya ketika dewasa. Seseorang dapat memperkuat fungsi mental dan meningkatkan daya ingatnya dengan melakukan latihan tertentu.
cara melatih otak dan mempertajam daya ingat
Hal ini dibuktikan oleh Nelson Dellis, seorang atlet mental yang berhasil menjuarai adu ingatan USA Memory Championship pada tahun 2011 dan 2012 berurut-turut, yang diselenggarakan di New York. Nenek Dellis meninggal tahun 2009 karena penyakit Alzheimer, sehingga dirnya bertekad untuk mengalahkan faktor risiko genetik untuk penyakit otak degeneratif tersebut.

Di usianya yang telah menginjak 29 tahun, Dellis berusaha menemukan cara untuk menjaga fungsi mental yang kuat. Dellis berpikir bahwa seperti halnya otot yang dapat diperkuat melalui latihan yang intens, pikiran dan memori otak pun juga dapat diperkuat dengan cara tertentu.

Karena rajin berlatih, Dellis mendapatkan dua gelar kejuaraan memori nasional, dimana dirinya memenangkan kompetisi menghafalkan digit terbanyak dalam waktu 5 menit, yaitu sebanyak 303 digit dan tercepat dalam menghafalkan urutan kartu, yaitu dalam 63 detik.

Seperti dilansir Men's Fitness, untuk mendapatkan memori otak yang tajam, Anda perlu melatih otak dengan melakukan trik tertentu sebagai berikut:

1. Memfokuskan perhatian
Satu-satunya cara agar memori dapat melekat pada otak, Anda harus lebih fokus dalam memperhatikan obyek yang ingin Anda ingat-ingat atau hafalkan. Lebih fokuslah dalam mempelajari suatu hal, jika hal ini belum juga berhasil, Anda hanya membutuhkan lebih banyak waktu untuk berlatih.

2. Mengubahnya menjadi bentuk gambar
Otak akan lebih mudah mengakses sebuah gambar daripada kata-kata. Sehingga Anda dapat menggunakan trik ini untuk menghafalkan beberapa kata yang saling terkait dengan menyimpannya dalam otak dalam bentuk gambar tertentu yang mewakili.

Hal ini akan memudahkan otak untuk menginterpretasikannya kembali dan dengan cepat mengingat apa yang telah dipelajari.

3. Tempatkan beberapa obyek berbeda yang ingin Anda hafalkan ke dalam suatu paket
Agar Anda dapat mengingat beberapa hal yang berbeda sekaligus, Anda dapat menempatkannya ke dalam satu paket tertentu. Misalnya, ketika Anda ingin menghafalkan beberapa benda di dalam suatu ruangan, Anda perlu menempatkan pikiran pada satu lokasi yang Anda kenal dengan baik, misalnya kamar tidur Anda.

Kemudian, tempatkan barang-barang tersebut dalam kamar, tentunya hal ini hanya dalam imajinasi Anda semata. Kemudian Anda dapat menghafalkan benda-benda tersebut dari apa yang pertama kali Anda lihat ketika membuka pintu kamar. Lakukan langkah semacam ini terhadap berbagai kasus lain dan berlatihlah dengan rutin agar otak semakin tajam.

Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda dan untuk mengetahui sumber selengkapnya dari artikel tersebut silahkan klik disini

Bayu Ardiyanto Review Rating: 85 out of 100 based on199854 reviews.