Tips Ampuh Cara Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

Inilah Tujuh Tips Ampuh Cara Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat - Bagi sebagian mahasiswa, skripsi terkadang menjadi beban tersendiri dalam penyelesaiannya. Ia seakan seperti duri dalam daging. Bila tidak diselesaikan dengan segera maka bisa-bisa banyak hal yang terjegal karenanya, dari mulai mencari pekerjaan, tuntutan orang tua, desakan calon mertua untuk segera menikah, banyaknya biaya serta waktu kuliah yang tidak sebentar, yang akan hilang begitu saja karena di akhir masa studi, kita tidak dapat menyelesaikan skripsi tepat pada waktunya.

Tidak jarang mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan studinya karena tersandung di urusan skripsi ini, mereka putus asa karena tidak jua dapat merampungkan skripsinya, dari mulai tidak mendapatkan judul atau tema yang tepat, dosen pembimbing yang sentimen, referensi yang kurang, buku-buku yang sulit didapatkan, biaya penelitian yang besar dan sebagainya. Sehingga tidak jarang duri dalam daging itupun masuk ke dalam pembuluh darah dan menyerang ke jantung, sehingga duri itupun benar-benar membunuh kita.

Jika anda adalah orang tersebut, maka anda mungkin sedang membaca sebuah tulisan yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda dalam membantu menyelesaikan skripsi anda yang sudah seperti duri dalam daging.

Tips pertama,
Berdoalah kepada Allah, Terkadang kita lupa untuk berdoa, padahal doa itu bukan hanya setelah kita berikhtiar akan tetapi sebelum kita berikhtiar, ketika kita berikhtiar dan setelah kita berikhtiar, di sepanjang ikhtiar kita, dari awal hingga akhir, kita perlu berdoa kepada Allah. Sehingga skripsi kita dalam pengerjaannya selalu dapat diberikan jalan kemudahan dan dapat segera diselesaikan.

Tips yang kedua,
Bangun motivasi yang kuat dengan target yang jelas serta berkomitmenlah terhadap apa yang sudah direncanakan. Kadang-kadang kita lupa tujuan utama kita menulis skripsi itu apa. Buat motivasi yang jelas, misalnya saja, saya ingin segera menyelesaikan skripsi agar semester depan ayah ibu saya yang di kampung bisa melihat anaknya wisuda, dan mereka pun bahagia. saya harus segera selesai skripsi, supaya semester depan tidak bayaran lagi, kerena uang semesterannya dapat digunakan untuk keperluan lain, atau misalnya saya harus segera skripsi, agar tahun depan sudah bisa meminang calon isteri, dan sebagainya. Bangun motivasi, apapun itu usahakan buat sepersonal mungkin dengan anda. Kemudian buatlah target, dalam bagan atau table, misalnya saja, dua minggu pertama proposal harus selesai, dua minggu berikutnya bab I dan seterusnya. lalu berkomitmenlah dengan rencana tersebut. berikan hadiah kecil bagi diri anda, setiap anda dapat melalui tahapan rencana tersebut dengan baik. buat juga konsekwensi bagi diri anda setiap anda tidak dapat melalui tahapan rencana tersebut sesuai dengan jadwal. Ingat cerita sumpah palapanya patih Gajah Mada yang hendak menyatukan nusantara itu? ya, kira-kira seperti itu lah.

Tips ketiga,
Tentukan tema tulisan anda. Pilihlah tema yang menarik bagi anda, tema yang membuat anda penasaran. kemudian, pastikan bahan dan sumber-sumber datanya berlimpah dan mudah diperoleh. mengapa anda harus memilih tema yang menarik bagi anda? agar dalam mengerjakan skripsi, anda akan merasa senang, karena tema tersebut adalah tema yang menarik bagi anda. bila saja anda memilih tema yang tidak menarik bagi anda, maka boleh jadi anda akan merasa benar-benar sengsara dalam mengerjakan skripsi anda. Jangan melulu terpaku dengan tema-tema dari skripsi yang sudah ada. Buatlah sesuatu yang berbeda. Ingat juga untuk memastikan bahwa tema yang anda pilih memiliki data-data serta literatur yang berlimpah dan mudah diperoleh. Hal tersebut menjadi penting agar nantinya anda tidak kekurangan amunisi saat ditengah-tengah pengerjaan skripsi. Setelah menentukan tema, carilah permasalahan dan buat pertanyaan masalah. Karena nanti di bab-bab berikutnya, khususnya di bagian pembahasaan, yang anda tulis adalah jawaban-jawaban dari pertanyaan masalah yang anda buat di bab awal skripsi anda.

Tips keempat,
Buatlah outline. Membuat outline atau kerangka karangan sangat penting sebagai panduan, apa saja yang akan dituangkan dalam skripsi anda. Dari situ kemudian dapat dikembangkan dalam kisi-kisi yang kemudian dikembangkan lagi menjadi tulisan. Sehingga, anda dari awal sudah dapat memprediksikan apa saja yang akan anda tulis dalam skripsi anda.

Tips kelima,
Skripsi itu dikerjakan bukan dipikirkan saja, artinya jangan pernah berhenti dalam mengerjakan skripsi, bila kita rencanakan skripsi selesai dalam 3 bulan, maka di 3 bulan tersebut jangan biarkan diri kita berhenti untuk fokus menuliskan skripsi tersebut. Jangan berikan celah bagi rasa malas atau apapun itu menyelinap ke dalam pikiran kita. Kembalilah ke fokus jalan yang sudah direncanakan bila ternyata anda tergoda untuk melakukan yang lainnya.

Tips keenam,
Jangan takut salah lalu mudah menyerah. Terkadang dalam mengerjakan skripsi itu kita takut salah, padahal memang harusnya salah, karena tanpa tau yang keliru maka kita tidak tau mana yang seharusnya. Jangan sungkan untuk selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing, karena memang tugas dosen pembimbing adalah membimbing anda. Tunjukkan padanya bahwa anda adalah mahasiswa yang gigih dan memiliki daya juang yang tinggi. Jangan mudah menyerah dalam menyelesaikannya. Bila salah, segera perbaiki, salah lagi, perbaiki lagi, salah lagi, perbaiki lagi, insyaAllah sejutek apapun dosen pembimbing anda, hatinyapun akan luluh. Namun bila memang ternyata anda memiliki masalah yang tidak terpecahkan dengan dosen anda, maka anda sebenarnya memiliki hak untuk meminta pertimbangan dari dekan atau ketua program studi anda untuk mendapatkan dosen pembimbing yang lain, tentunya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai etika agar setiap pihak merasa bahwa keputusan yang diambil adalah win-win solutions.

Tips Ketujuh,
Bekerjalah secara berkelompok, buat grup diskusi atau sejenis tim yang satu sama lain saling bersepakat untuk dapat bersama-sama menyelesaikan skripsi dengan segera, biasanya teman sekelas, seangkatan atau sepermainan. Meskipun satu dengan yang lainnya mengangkat tema yang berbeda akan tetapi keuntungan yang diperoleh dari berkelompok ini dapat bersifat moril maupun secara praktis, misalnya saja, antara satu dengan yang lain dapat saling memberikan semangat, saling membantu menemukan referensi literatur, bahkan dapat membantu dalam pengumpulan data, membuat simulasi sidang ujian, saling sharing kendala untuk mencari solusinya, dan lain sebagainya.

Demikian tujuh tips dalam menyelesaikan skripsi dengan cepat. Jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, insyaAllah skripsi anda dapat segera diselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan bermanfaat.


Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda. dan untuk mengetahui sumber dari artikel tersebut selengkapnya silahkan klik disini
Bayu Ardiyanto Review Rating: 85 out of 100 based on199854 reviews.