Cara Cetak - Print Bolak Balik Dokumen Microsoft Word

Tips dan Trik Cara Cetak - Print Bolak Balik Untuk Dokumen Pada Microsoft Word , Untuk menghemat pemakaian kertas atau mengikuti prosedur kerja terkadang kita diharuskan untuk mencetak sebuah file dokumen secara bolak-balik di kertas cetak.

Ada beberapa printer yang mendukung untuk pencetakan bolak-balik, jadi kita tinggal print seperti biasa, selebihnya diatur oleh printer agar pencetakan bisa menjadi bolak-balik. Namun tidak demikian halnya bila printer yang kita pakai tidak mendukung untuk melakukan hal tersebut, Jangan kuatir kita masih bisa melakukannya secara manual.

Yang harus kita lakukan yakni mencetak halaman ganjil terlebih dahulu setelah itu barulah kita mencetak halaman genap. Pada saat mencetak halaman pada bagian belakang anda harus ekstra hati-hati. Ada beberapa printer yang hasil cetaknya menempatkan kertas yang paling pertama dicetak diletakkan di bagian atas dari kertas hasil cetakan, sehingga bila dibalik akan ditempatkan pada bagian akhir/berada pada bagian bawah.

Oleh karena itu anda harus mencetaknya dengan urutan pencetakan halaman berlawanan dengan arah pencetakan sebelumnya. Bila pencetakan yang pertama dimulai dari halaman awal/depan, maka pencetakan yang kedua harus dimulai dari halaman yang paling akhir dulu lalu berlanjut ke halaman yang paling depan. Untuk mencetak halaman file dokumen Microsoft Word secara bolak-balik di kertas, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini.
Caranya
* Klik Office button, lalu Sorot item Print. Selanjutnya klik item Print. Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P.
* Pilih Printer yang akan dipakai untuk mencetak.
* Isikan halaman yang ingin anda cetak pada kotak Pages. Sebagai contoh misalkan kita ingin hanya mencetak halaman 1 hingga 99. Bila anda ingin mencetak seluruh dokumen, pilih saja opsi All.
* Pada Kotak Print, isikan atau pilih item Odd Pages untuk mencetak halaman ganjil terlebih dahulu. Hal ini disesuaikan dengan halaman depannya yang dimulai dengan halaman 1.
* Klik tombol OK untuk memulai mencetak halaman ganjil.
* Setelah selesai mencetak semua halaman ganjil pada kertas, balikkan kertas lalu siapkan/masukkan kembali ke printer untuk mencetak halaman genap pada bagian belakangnya.
* Buka kembali dialog print, tekan tombol CTRL+P.
* Perhatikan susunan kertas hasil pencetakan sebelumnya. Lihat kembali apakah halaman 1 ada di bagian bawah tumpukan kertas atau pada bagian atas kertas (asumsi:tumpukan bagian atas adalah kertas yang akan dicetak lebih dulu).
* Bila halaman 1 ada di tumpukan atas maka isikan kembali halaman yang ingin dicetak pada kotak Pages dengan nilai yang sama dengan yang anda isikan sebelumnya (misal:1-99), tapi bila halaman 1 ada di bagian bawah tumpukan maka isikan kotak Pages dengan kebalikan nilai sebelumnya (misal: 99-1).
* Bila halaman dokumen paling terakhir yang anda cetak adalah ganjil (contoh : 99), maka keluarkan dulu halaman ganjil terakhir dari tumpukan kertas yang akan dicetak. Logikanya: pasangan halaman 1 adalah halaman 2, halaman 3 dengan 4, dan halaman 99 dengan 100. Tapi saat ini kita tidak mencetak halaman 100.
* Pada kotak Print, sekarang pilih item even pages, untuk mencetak halaman genap saja.
* Pastikan sekali lagi bahwa apa yang anda isikan sudah benar, lalu klik tombol OK.

Tips Cara Mencetak Bolak-Balik di Microsoft Word

Bila anda ingin menyesuaikan kualitas hasil cetak / print atau mengatur konfigurasi printer, klik tombol properties yang terdapat di sebelah kanan nama printer.
Untuk membalik urutan pencetakan anda juga bisa menggunakan “reverse order“, untuk mencetak halaman dari halaman paling belakang terus ke halaman awal.

Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda
Untuk mengetahui sumber dari artikel diatas silahkan klik disini                  Rating: 4