Jenis-jenis Sistem Operasi Android

Android adalah suatu sistem operasi untuk ponsel /tablet pc yang berbasis Linux. Dengan adanya Platform terbuka sangat cocok bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri , Sistem Operasi Android sudah ada di indonesia sejak tahun 2009 lalu, hingga saat ini sejumlah perkembangan dan update terbaru dari OS ini sering dilakukan sejak awal peluncurannya.
Sistem Operasi Android
Os Android

Update tersebut dilakukan pihak Google android untuk memperbaiki sejumlah bug, menyempurnakan kinerja dan memperkaya dengan berbagai fitur-fitur baru.untuk membedakan jenis update dari berbagai versi Os android, biasanya google menggunakan kode-kode semacam penamaan terhadap OS baru yang telah mengalami update-penyempurnaan seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, dan versi terbaru mereka yaitu Ice Cream Sandwich.

Lalu dimanakan letak perbedaan dari masing-masing versi dari OS Android tersebut?
Berikut adalah macam-macam/jenis Sistem Operasi Android

* Android Versi 1.1
Resmi diRilis pada tanggal 9 februari tahun 2009
Fitur dari os android jenis ini antara lain : User interface - Aplikasi standart, alarm, olah pesan - voice search (pencarian suara) - Email

* Android versi 1.5 (Cupcake)
Merupakan hasil pengembangan dari versi sebelumnya yaitu versi 1.1,Cupcake resmi dirilis pada tanggal 30 April 2009 update ini hanya berselang 2 bulan dr versi sebelumnya
fitur dari os jenis ini antara lain : User interface tampil lebih menarik dengan berbagai efek animasi - kaya dengan content multimedia - merekam dan memutar video - foto Picasa dan upload video ke Youtube - penambahan fitur soft keypad dengan autocomplete - Bluetooth A2DP - user friendly untuk akses internet berbasis web page.

* Android versi 1.6 (Donut)
Resmi Dirilis pada tanggal 15 September 2009 , banyak terobosan baru yang dilakukan google untuk versi 1.6 ini di antaranya adalah pada sistem jaringan dan konektivitas.
fitur dari os jenis ini antara lain : kamera, kamera video, dan galeri foto dapat saling terintegrasi - fitur galeri dengan fungsi seleksi multi - fitur voice search dan voice dial - pencarian dengan bookmark - kecepatan dalam pencarian diInternet - teknologi jaringan CDMG (EVDO), Wifi, gesture dan mesin text to speech - Mendukung layar dengan resolusi WVGA - aplikasi Android Market

* Android versi 2.0/2.1 (Éclair)
Resmi Dirilis pada tanggal 3 Desember 2009.Pembaruan dari segi optimasi hardware dan juga segi perangkat lunaknya.
fitur dari os jenis ini antara lain : Mendukung HTML5 - Google Maps 3.1.2 - Microsoft Exchange - Fitur flash dan zoom digital - MotionEvent pada Keyboard virtual - Bluetooth v2.1 - mendukung image beresolusi tinggi

* Android versi 2.2 (Frozen Yogurt/Froyo)
Resmi Dirilis pada 20 Mei 2010, dan mengalami sejumlah perbaikan pada tanggal 20 Juni 2010 , FROYO merupakan versi penyempurnaan dari Versi sebelumnya yaitu Android Versi 2.0 Éclair.
fitur dari os jenis ini antara lain : Kecepatan dan performa lebih maksimal - aplikasi browser lebih terintegrasi dengan chrome v8 javaScript - Microsoft Exchange - aplikasi luncher dengan shortcuts - USB tethering , WiFi hotspot functionality. - pilihan akses data pada sejumlah jaringan mobile - Aplikasi android market dengan fitur update otomatis - Quick switching between multiple keyboard languages and their dictionaries - Voice dialing melalui bluetooth - file upload pada aplikasi browser - mendukung aplikasi Adobe Flash 10.1.

* Android versi 2.3 (Gingerbread)
Resmi Dirilis pada bulan Oktober 2010. Gingerbread merupakan penyempurna dari versi sebelumnya
fitur dari os jenis ini antara lain : NFC (Near-Field Communication) - Memiliki Kemampuan telepon via internet, atau Voice over IP Tanpa
aplikasi tambahan - membuat panggilan VoIP - Tampilan antarmuka yang Lebih Menarik - Manajemen Aplikasi - Input Teks Lebih Cepat - Fitur Cut atau Paste (Copy Paste)

* Android versi 3.0 (Honeycomb)
Honeycomb merupakan Os Android yang lebih dioptimalkan untuk sebuah Tablet.
Android versi ini mendukung ukuran layar yang jauh lebih besar. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menggunakan os jenis Honeycomb adalah Motorola Xoom.
fitur dari os jenis ini antara lain : Tab - Fitur Gmail plus “Action Bar” - grafis tiga dimensi - Google Map lebih dalam bentuk tiga dimensi - Keyboard Virtual komplit.

* Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Tujuan utama dari Os Ice Cream Sandwich adalah untuk menciptakan sebuah sistem operasi utama agar tidak terfragmentasi dan dapat berjalan pada semua perangkat berbeda.

Ice Cream Sandwich sendiri menggabungkan unsur-unsur sistem operasi Gingerbread untuk ponsel dan sistem operasi yang ada pada tablet yaitu Honeycomb. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan satu kesatuan sistem operasi untuk platform Android.
[sumber: android-oz]

0 Response to "Jenis-jenis Sistem Operasi Android"

Poskan Komentar